Senin, 30 Januari 2012

KAMUS KOMPUTER

  KAMUS KOMPUTER

 PADA, 31 JANUARY 2012

A. Istilah Pada Laptop

Notebook / Laptop

1. TFT LCD
      Thin Film Transistor Liquid Crystal Display. Ini adalah jenis layar pada notebook atau laptop, penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang di sebut Active Matrix LCD. Selai pada layar notebook, dapat juga ditemukan pada proyektor, monitor LCD. Pada tahun 2004 juga mulai menggantikan CRT pada televisi.

2. WXGA
      Adalah standar tampilan display dengan resolusi 1280x768 pixel, berbeda dengan XGA (eXtended Graphic Array) yang memiliki resolusi 1024x768 pixel atau dengan kata lain memiliki aspect ratio 4 : 3. Wide XGA akan meampilkan display dengan ratio 16 : 9 (wide screen). Penggunaannya lebih cocok untuk wide screen presentasi ataupun menonton film format wide screen.
 
3. Brightview
       Suatu fitur yang biasanya ada pada setting monitor berbentuk LCD, dan fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih jelas dan tajam.

4. PC Card
Kartu ekspansi atau tambahan yang biasanya digunakan pada notebook, sehingga notebook tersebut memiliki fungsi baru seperti WLAN, Bloetooth dll ataupun juga peningkatan jumlah memory. Kemudian melalui sebuah standar, PC Card ii terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Type l, Type ll, Type lll. Perbedaan bentuk diantara ketigannya hanya pada ketebalan tiap card, Type l mempunyai ketebalan 3,3 mm, biasanya digunakan sebagai kartu memory. Type ll dengan ketebalan 5 mm, biasanya digunakan untuk alat - alat yang berfungsi sebagai i/o seperti modem, LAN dll. Type lll dengan ketebalan 10,5 mm, biasanya digunakan untuk alat seperti microdrive atau komponen lainnya yang memiliki dimensi yang tebal.
Pada jaman sekarang ini penggunaan PC Card sudah ditinggalkan karena sudah tergantikan dengan peralatan tambahan untuk notebook yang berbasiskan USB.

5. Touchpad
       Adalah alat input atau masukan yang biasanya digunakan pada laptop, notebook atau netbook yang fungsinya seperti mouse yaitu sebagai penggerak kursor pada monitor melalui simulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut.

6. SO-DIMM
        Kependekan dari Small Outline DIMM, adalah jenis memory yang di gunakan untuk notebook atau laptop (versi lebih kecil dari DIMM standar untuk PC). SO-DIMM memiliki ukuran sebanyak 72 pin untuk interface 32 bit, dan 144 pin untuk interface 64 bit.

7. PCMCIA
      Kependekan dari Personal Computer Memory Card International Association, adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan, dimana telah mengembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil, kurang lebih sebesar kartu kredit dan biasa disebut PC Card.

B. Istilah Pada VGA / Video Card

Video Card

1. Core Clock
       Kecepatan kerja proses sinyal data sebuah chip grafis pd video card biasanya dinyatakan dalam satuan Mega Hertz (MHz)

2. Directx
     Adalah API (Aplication Programming Interface) yang digunakan oleh microsoft pada operating sistem windowsnya dalam berkomunikasi dengan hardware-hardware untuk PC yang dikendalikannya.Untuk hardwarenya sendiri diperlukan software driver yang mendukung directx tersebut agar dapat digunakan secara optimal.

3. GPU
     Graphics Processing Unit atau juga disebut Visual Processing Unit (VPU) adalah chip yang didesain untuk PC ataupun konsol game yang berfungsi khusus sebagai pemroses atau rendering data grafis, dimana selain data 2D juga 3D.

4. Memory Clock
        Kecepatan proses sinyal data sebuah chip memory yang biasa dinyatakan dalam satuan MHz.

5. Pixel Pipeline
      Adalah salah satu unit dari GPU tempat terjadinya transer informasi pixel maupun pemrosesannya, dimana semakin banyak pixelpipeline maka semakin banyak pula pixel yang dapat diproses GPU.

6. Vertex Processor / Vertex Pipeline
         Salah satu unit dari GPU yang berfungsi sebagai pembawa informasi geometri (dalam bentuk titik-titik vektor) atau juga langsung juga mengolahnya jika perlu. Pemrosesannya bisa dalam bentuk fungsi tetap pada directx 7.0 kebawah, atau dalam bentk fungsi terprogram dengan vertex shader ( directx 8.0 hingga terbaru).

7. Direct 3D
        Adalah salah satu fungsi API pada pada microsoft directx. API ini digunakan sebagai kontrol terhadap rendering grafis 3D.

8. D-Sub
      Adalah standard output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

9. DVI-1
       Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital, DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital lagi.

10. Anti Aliasing
        Adalah proses menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek joggies (sudut-sudut lancip) pada suatu tampilan hasil rendering, sehingga tampilan tampak lebih realistis.

11. High Dynamic Range
       Adalah prosedur rendering pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level-level cahaya didunia nyata bervariasi untuk jangkauan area yang luas, hal ini biasa didapatkan dengan menggunakan data floating point untuk tekstur dan target yang akan di render, juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai, meski menawarkan efek visual yang lebih menarik.

C. Istilah Pada Jaringan (Networking)

Networking

1. 802. 11a
    Adalah standard wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 GHz.

2. 802. 11g
     Adalah standard wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps (Typical 200 Mbps) dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.

3. 802.11b
     Adalah standard wireless network dengan maksimum data transfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.

4. 802.11n
     Adalah standard wireless network dengan maksimum data transfer rate 600 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.

5. Hotspot
     Adalah area dimana jaringan internet bisa di akses melalui PC, laptop, PDA atau perangkat lainnya berstandar 802.11x dengan seminimal mungkin melakukan konfigurasi.

6. Wifi
     Merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, suatu istilah untuk tipe-tipe wireless LAN yang memiliki konfigurasi menurut spesifikasi dari IEEE 802.11b.

7. WLAN
     Wireless Local Area Network adalah sebuah jaringan lokal yang terhubung tanpa menggunakan kabel tetapi menggunakan gelombang radio (wireless device).

8. Access Point
     Adalah suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel.

9. Ethernet
       Adalah protokol LAN (Local Area Network) yang dikembangkan oleh Xerox Corporation bersama dengan DEC dan intel pada sekitar tahun 1976. Protokol ini menjadi salah satu standar LAN saat ini.

10.LAN (Local Area Network)
     Adalah jaringan lokal yang terdiri sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil, seperti jaringan untuk rumah, warnet, small office dll. Selain menggunakan kabel, LAN juga bisa secara wireless.

D. Istilah Pada Motherboard

Motherboard

1. Chips atau Chipset
     Adalah merupakan potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer minimal memiliki satu buah chip didalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar pada komputer, chipset pada VGA card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor.

2. Controller
    Adalah alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan komputer.

3. FSB (Front Side Bus)
      Pada microprocessor FSB menghubungkan processor dengan memori utama (biasa di sebut RAM). FSB digunakan untuk mengomunikasikan antara motherboard dengan komponen-komponen lainnya.

4. HSF (Heat Sink Fan)
     Adalah sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas yang biasanya ditimbulkan oleh processor atau chipset. Heat sink fan biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.
        Integrated Graphic Controller atau biasa disebut IGP ( Integrated Grapic Port)
Adalah chip grafis yang sudah terintegrasi di dalam chipset motherboard, fungsinya sama dengan video card (VGA), bedanya IGP tidak memiliki memory khusus untuk dirinya dan mengambil langsung dari memory utama komputer (RAM), namun ada sebagian produsen ada yang mengimplementasikan chip memory khusud untuk IGP ini.

5. North Bridge
      Adalah salah satu dari dua buah chip pada motherboard yang menghubungkan processor ke memory sistem dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah south bridge.

6. South Bridge
       Adalah salah satu dari dua buah chip pada motherboard yang tugasnya mengontrol bus IDE, USB, Plug and Play, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power managemen dan perangkat lain.

7. Slot
     Adalah tempat untuk menempatkan perangkat-perangkat tambahan peripheral pada motherboard, misalnya slot AGP.

8. SATA (Serial ATA)
       Adalah suatu evolusi dari paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan single kabel dengan minimum 4 kawat dan terhubung secara point to point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

9. Slot Ekspansi
    Adalah sambungan atau celah pada motherboard yang fungsinya untuk memasang peralatan tambahan untuk meningkatkan kemampuan komputer dalam menjalankan tugas tertentu. Terdapat dua tipe slot ekspansi yaitu PCI (Peripheral Component Interconnect), merupakan slot yang dirancang berdasarkan PCI standard Interest Group. Yang kedua adalah ISA (Industry Standard Architecture) merupakan slot yang dikembangkan oleh IBM. 

E. Istilah Pada Optical Drive

Optical Drive

1. Bezel
      Adalah bagian penutup muka pada drive optical yang berbaha plastik, berfungsi untuk mempercantik tampilan drive.

2. Dual layer
      Biasanya untuk tiap media drive optical memiliki satu lapisan (layer) permukaan untuk penyimpanan data, maka pada media dengan dual layer terdapat dua lapisan permukaan untuk penyimpanan data, sehingga untuk media dengan konfigurasi ini memiliki kapasitas daya tampung data sebanyak dua kali lipat.

3. Emergency Eject Pin
        Adalah pin yang digunakan pada drive optic untuk dapat membuka tray secara paksa ketika tray tidak dapat dibuka seperti biasanya dengan menekan tombol eject, walaupun memiliki maksud pemaksaan, namun penggunaan pin tidak adanya unsur perusakan terhadap drive yang bersangkutan.

4. Tray
       Didalam lingkup komponen optical drive, tray berhubungan dengan mekanisme loading dari sebuah drive yang berfungsi sebagai penampung sementara media ketika dimasukkan atau dikeluarkan dari drive.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost