Senin, 30 Januari 2012

KOMPONEN KOMPUTER DAN PENGERTIAN

  KOMPONEN KOMPUTER DAN PENGERTIAN

 PADA, 31 JANUARY 2012

Pengertian Komputer

Buat yang baru belajar komputer, blog Artikel Komputer kali ini akan membahas tentang pengertian komputer. Jika menurut saya pribadi pengertian komputer adalah alat yang menyenangkan, bisa buat bekerja, bisa buat bermain dan menghibur diri seperti mendengarkan music nonton video atau main game.


Komponen PC

Yang dimaksud komponen PC disini adalah perangkat keras (Hardware) yang apabila dirakit menjadi satu kesatuan akan menjadi PC (Personal Computer). Komponen PC terbagi dalam dua kategori yaitu

Pengertian Hard Disk

pengertian hard disk
Pengertian Hard Disk adalah suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) dan juga termasuk dalam









Virus Komputer

virus komputer
Artikel Komputer - Virus komputer adalah software kecil yang fungsinya mengganggu atau bahkan merusak komputer. Virus Komputer menyebar dari satu komputer ke komputer lain, penyebarannya bisa melalui internet misalnya dalam lampiran email atau menempel dalam file yang di download dari internet ( contoh file musik mp3 atau mp4, file zip dll) atau bisa juga melalui media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, micro SD, dll. Virus komputer bisa juga menghapus data di sebuah komputer. Virus komputer bisa juga disembunyikan di dalam perangkat lunak software bajakan.

Tanda-tanda virus komputer menginfeksi komputer :
Jika ada hal-hal aneh yang terjadi pada komputer, kita perlu waspada mungkin virus komputer sudah menginfeksi komputer. Berikut ini adalah beberapa indikator utama di mana komputer mungkin terinfeksi:

  • Komputer lebih lambat dari biasanya.
  • Komputer berhenti merespons, atau seringkali terkunci.
  • Komputer macet, kemudian memulai ulang setiap beberapa menit.
  • Komputer memulai ulang dengan sendirinya. 
  • Aplikasi di dalam komputer tidak bekerja dengan benar.
  • Anda tidak dapat mencetak dengan benar.
  • Anda melihat pesan galat yang tidak biasa.
  • Anda melihat menu dan kotak dialog yang berubah bentuk.
  • Terdapat ekstensi ganda di lampiran yang baru Anda buka, seperti ekstensi .jpg, .vbs, .gif, atau .exe.
  • Program antivirus dinonaktifkan tanpa alasan. Selain itu, program antivirus tidak bisa dimulai ulang.
  • Program antivirus tidak dapat diinstal di komputer, atau program antivirus tidak berjalan.
  • Ikon-ikon baru bukan milik Anda bermunculan di desktop, atau ikon tersebut tidak berhubungan dengan program yang diinstal baru-baru ini.
  • Suara atau musik aneh muncul dari speaker secara tiba-tiba.
  • Program hilang dari komputer walaupun Anda tidak sengaja menghapus program.
 Perangkat Komputer

Perangkat komputer
Perangkat Komputer

Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari dua bagian yaitu perangkat keras dalam bahasa inggrisnya biasa di sebut hardware dan perangkat lunak dalam bahasa inggrisnya biasa di sebut software. Komputer bisa dioperasikan atau di gunakan apabila kedua bagian tersebut terpenuhi. Berikut ini adalah definisi singkat dari masing masing bagian Perangkat Komputer:

Perangkat keras (hardware)
Semua bagian fisik yang jika disatukan (dirakit) akan membentuk komputer, bagian fisik yang di maksud adalah sebagai berikut :
- Bagian utama : motherboard, processor, memory (RAM), harddisk, power supply dan casing, monitor, keyboard, mouse, VGA. Bagian utama ini mutlak harus ada untuk membentuk sebuah komputer agar komputer tersebut bisa di gunakan.
- Bagian sekunder : printer, cd rom, scanner, kartu jaringan, modem, floppy disk, dll. Untuk bagian sekunder ini, tidak diharuskan ada, hanya saja kegunaan komputer terbatas.

Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak secara umum bisa diartikan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak juga bisa diartikan program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

PC Komputer

PC Komputer

Kebanyakan orang menyebut komputer desktop dengan PC Komputer atau sering juga disebut PC saja atau komputer saja, ini maksudnya adalah satu unit yang terdiri dari monitor dan CPU (Central Processing Unit) yang berisi motherboard, processor, ram, harddisk, power supply, CD ROM dan komponen PC tambahan lainya seperti VGA Card, LAN Card dll. Untuk lebih jelas tentang isi dalam CPU baca postingan Komponen PC.
Pada masa sekarang ini PC Komputer sudah mulai kurang di minati karena masyarakat lebih memilih Laptop atau Netbook. Mereka memilih laptop karena selain harganya yang sekarang sudah tidak jauh berbeda dengan PC Komputer, laptop bisa mudah di bawa kemana-mana dan tidak membutuhkan sumber listrik yang besar atau bisa digunakan menggunakan baterai.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost